Kamis, 12 Mei 2016

PENGERTIAN BORDIR DAN MACAM-MACAM MESIN YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBORDIR
Kata “ bordir “ berasal dari bahasa Inggeris “ embroidery “ yang artinya sulaman. Dalam kamus besar bahasa Indonesia( Purwo Waskita,S.Pd)  Bordir berarti hiasan rajutan benang pada kain ,sulaman. Jadi bordir itu adalah hiasan atau sulaman yang dibuat dengan benang pada sebuah kain. Membordir adalah suatu proses pembuatan hiasan atau sulaman pada kain, bisa mengunakan tangan atau alat bantu berupa mesin jahit.
1.      Membordir menggunakan tangan sering kita sebut dengan menyulam, bisa menggunakan macam-macam tusuk hias ,mulai dari tusuk jelujur,festoon,tikam,rantai,silang,mawar,flannel dan pipih. Semua tusuk tusuk hias tersebut bisa digabungkan menjadi berbagai sulaman contohnya sulaman bayangan  sulaman yang dikerjakan pada kain yang tipis dan mengerjakannya pada bagian buruk kain hasilnya terlihat pada bagian baik kain dengan menggunakan tusuk flannel , sulaman Arab dikerjakan pada kain yang tebal atau tidak tembus pandang yang menggunakan perpaduan warna dan perpaduan tusuk tusuk hias , sulaman Inggeris dikerjakan pada kain yang tebal dan tidak bertiras pada saat digunting karena menggunakan teknik pengguntingan kain pada setiap motif hiasannya dan menggunakan tusuk pipih pada setiap hiasannya dengan motif titik air dan berbagai macam sulaman lainnya.
2.      Membordir menggunakan mesin jahit
Mesin yang bisa digunakan membordir atau membuat sulaman ada beberapa macam dan setiap mesin mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam membordir



1. Mesin jahit manual

Membordir menggunakan mesin jahit manual harus mengetahuui caranya yaitu dengan membuka sepatu mesin jahit agar ram/pembidangan  mudah untuk digerakkan menurut kemauan kita dan harus diingat tuas sepatu mesin harus diturunkan pada saat membordir.
b.      2. Mesin zigzag

Mesin zigzag merupakan mesin jahit semi otomatis karena menggunakan arus listrik untuk menggerakkannya. Pada mesin ini terdapat beberapa motif sulaman yang sudah ada dan bisa dijadikan hiasan pada kain ,sebagai hiasan pada pinggiran sulaman dan pinggiran kain atau di tengah kain.
3.  Mesin bordir

Mesin  ini merupakan mesin yang diciptakan karena kesulitan yang ditemukan dalam menghias kain dengan menggunakan kedua mesin di atas .dengan menngunakan mesin bordir ini kita leluasa menggunakan pembidangan karena body mesin yang lebar dan meja mesin yang luas .
4. Mesin bordir Komputer

Mesin bordir computer merupakan mesin bordir yang system pengerjaan bordirannya atau sulamannya diatur dengan menggunakan computer yang dihubungkan pada kepala mesinnya. Mesin bordir komputer ada beberapa macam diantaranya mesin bordir computer dengan satu kepala, dua kepala ,lima kepala dan 12 kepala. Semua itu menggunakan system operasional dengan listrik dan komputer yang motifnya diatur dengan komputer. Mesin ini diciptakan untuk memudahkan system pembuatan suatu sulaman dalam jumlah besar dengan hasil sama sesuai dengan motif pada computer.     Untuk membordir dengan semua mesin tersebut harus melalui tahapan - tahapan yang harus dilalui ,dan akan di bahas pada bab selanjutnya



CARA MEMBORDIR PADA KAIN

Pada bab ini akan dibahas urutan kerja membordir dengan mengguanakan mesin bordir  ,urutan kerja dibuat untuk memudahkan kita sewaktu bekerja. Adapun urutan pekerjaan membordir adalah :
1.      Menentukan jenis kain yang akan dibordir
2.      Menentukan letak motif pada kain
3.      Menentukan motif yang akan dibordir
4.      Membuat motif bordir pada kertas
5.      Menjiplak motif pada kain
6.      Membordir sesuai motif yang dibuat
Baiklah kita akan bahas urutan kerjanya .
1.      Menentukan jenis kain yang akan dibordir
Kain yang akan dibordir adalah kain yang kita pilih untuk kita beri motif hias , misalnya baju, taplak meja, jilbab, telekung, kebaya, dan topi
Kita harus bisa menentukan jenis kainnya agar nantinya akan mudah dalam memilih motif yang sesuai
2.      Menentukan letak motif pada kain
Letak motif berpengaruh pada motif yang akan dipilih
Letak motif pada kain ada beberapa macam :
a.       Di pinggiran kain
b.      Di tengah kain
c.       Di sudut kain
d.      Serong kain
Letak motif ini disesuaikan dengan jenis model pakaian atau kebutuhan pada taplak meja ,jaket dan lainnya.
3.      Menentukan motif yang akan dibordir
a.       Menggantung
b.      Merambat / menjalar
c.       Menurun
d.      Berserak
4.      Menggambar motif pada kertas
Menggambar motif memerlukan alat-alat yaitu :
-          Pinsil
-          Penghapus
-          Kertas roti
-          Contoh motif bisa berupa gambar yang meniru  benda sebenarnya, bisa berupa motif natural ( bunga,daun,
Setelah peralatan tersedia, tentukan kain apa yang akan dibordir, tentukan letak motif ,jenis motif dan harus mengukur benda sebenarnya jika itu satu pakaian yang akan dibordir agar posisinya tepat dan hasilnya baik , motifnya mengikuti bentuk pakaiannya.
Motif bordir pada kain
-          Motif pada pinggiran taplak meja
-          Motif pada tengah taplak meja
-          Motif  sudut taplak meja
-          Motif pada pinggiran telekung
-          Motif pada garis tengah muka kebaya
-          Motif pada tengah muka sampai sudut kebaya

-          Motif pada pinggiran jilbab 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar